Sabtu, 13 Februari 2016

Pembagian Iklim di Dunia

Matahari merupakan sumber energi utama bagi permukaan bumi. Tanpa adanya matahari permukaan bumi akan terus menerus mengalami penurunan suhu hingga menjadi planet yang membeku. Tentu saja kita haruslah bersyukur atas nikmat Allah ini karena dengan jarak matahari dan bumi yang begitu ideal menjadikan bumi menjadi planet yang dapat dihuni.
Namun ternyata daerah di bumi ini tidak memiliki panas yang sama. Hal ini diakibatkan oleh bentuk bumi yang bulat, sehingga terdapat daerah yang lebih dekat dengan matahari dan menerima panas sepanjang tahun adapula daerah yang hanya sedikit menerima panas dari matahari. Hal ini mengakibatkan perbedaan iklim di suatu wilayah. Iklim di suatu wilayah berkaitan erat dengan posisi geografis wilayah tersebut di bumi. Iklim berkaitan erat dengan letak garis lintang dan ketinggian di permukaan bumi. Berikut adalah wiyalah-wilayah tersebut :




Daerah Iklim Tropis
Salah satu pembagian wilayah iklim di dunia adalah wilayah iklim tropis. Wilayah ini terletak antara 23,5⁰ lintang selatan hingga 23,5⁰ lintang utara. Indonesia menjadi salah satu negara beriklim tropis karena Indonesia terletak antara 6⁰ LU dan 6⁰ LS. Hal ini menjadikan Indonesia menerima panas sepanjang tahun.
Di Indonesia, iklim tropis ini tidak lepas dari pengaruh lingkungan geografis Indonesia sendiri. Berada di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, menjadikan Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Terletak pada daerah khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki rata-rata suhu harian yang relatif lebih tinggi.
Di daerah iklim tropis terdapat hutan yang disebut sebagai hutan hujan tropis. Yaitu hutan-hutan di daerah 0-10 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan. Hutan ini merupakan hutan yang memiliki kekayaan ekologi paling kaya baik dari segi jumlah makhluk hidup maupun jenisnya. Hutan ini banyak pohon-pohon dengan kanopi yang besar.



Daerah Iklim Subtropis
Pembagian iklim dunia berikutnya adalah bagian dunia yang memiliki iklim subtropis. Daerah ini terletak pada 23,5⁰ hingga 35⁰ Lintang Utara dan 23,5⁰ hingga 35⁰ Lintang Selatan. Salah satu negara yang beriklim subtropis adalah Amerika Serikat.
Negara –negara subtropis memiliki empat musim yang berbeda. Musim-musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Keempat musim ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Musim-musim ini dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi. Saat matahari berada diutara, maka Belahan Bumi Utara mengalami musim semi hingga musim panas, sedangkan Belahan Bumi Selatan mengalami musim gugur hingga musim dingin. Disisi lain saat matahari berada di selatan, maka Belahan Bumi Selatan akan mengalami musim semi dan musim panas, sedangakan Belahan Bumi Utara mengalami musim gugur dan musim dingin.  
  
Daerah Iklim Sedang
Daerah iklim berikutnya adalah daerah dengan iklim sedang. Daerah ini terletak antara 35⁰ Lintang Utara hingga 66,5⁰ Lintang Utara dan 35⁰ Lintang Selatan hingga 66,5⁰ Lintang Selatan. Daerah ini bersinggungan langsung dengan iklim kutub sehingga banyak sekali dinamika-dinamika cuaca yang terjadi di wilayah ini baik dari angin, tekanan, hingga badai yang bisa tiba-tiba datang. 


Daerah Iklim Kutub
Iklim yan terakhir adalah iklim kutub atau iklim dingin. Daerah ini terletak diatas 66,5⁰ LU dan 66,5⁰ LS. Daerah ini selalu ditutupi salju dimana hanya lumutlah yang sanggup bertahan hidup disana. Daerah ini disebut juga daerah vegetasi tundra. saat musim dingin, wilayah kutub akan mengalami apa yang disebutdengan Polar Night yaitu dimana matahari tidak akan terbit hingga 6 bulan kedepan. Begitu juga saat musim panas, matahari akan bersinar selama 6 bulan kedepan. Namun jangan salah sangka suhu akan panas, matahari akan terbit hingga tinggi 23,5⁰  saja. Hal ini mengakibatkan suhu akan terjaga dingin. Suhu maksimum di kutub utara bisa mencapai 0⁰ Celcius dan -15⁰ Celcius di kutub selatan. Mengapa kutub Selatan lebih dingin? Karena daerah kutub selatan lebih tinggi daripada kutub utara. Hal ini mengakibatkan suhu akan turun lebih dingin daripada kutub utara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar