Minggu, 19 Februari 2017

Jangan Mau Jadi Virus!! : Diagram Motivasi

    Kali ini saya akan membahas tentang apa itu kuadran motivasi atau kuadran kemampuan dan kemauan. Hal ini sebenarnya telah kita ketahui bersama dan apa yang saya harapkan dari sharing kali ini adalah teman-teman nanti dapat secara sadar memposisikan diri di kuadran mana sih sekarang ini kita berada, karena materi ini biasanya hanya diketahui orang-orang secara tidak sadar, sehingga tanpa sadar pula masuk ke dalam kuadran yang tidak diinginkan. 

    Ok langsung saja ke materinya. Jadi saya ulang sekali lagi, materi kali ini bernama kuadran motivasi. Kuadran ini membagi-bagi manusia dalam 4 kuadran. Kuadran ini dapat kita terapkan di seluruh aspek kehidupan, misalnya kehidupan kampus, organisasi, dunia kerja, dll. Berikut adalah gambaran kuadran tersebut :

    Ya itulah diagram tersebut. Seperti yang dapat kita lihat, terdapat dua sumbu yaitu motivasi dan kompetensi. Pada gambar tersebut, motivasi akan kecil pada bagian kiri sedangkan akan besar di bagian kanan. Pada sumbu kompetensi, kompetensi akan kecil pada bagian atas dan semakin besar pada bagian bawah. Dalam kasus ini kita membaginya menjadi 4 kuadran seperti yang telah terlihat di gambar. Baik kita langsung saja ke gambar tersebut.

Kuadran 1 yaitu orang-orang dengan kompetensi rendah dan kemauan rendah. Orang2 ini adalah orang-orang yang tidak diharapkan pada dunia kerja. Rendahnya kemauan dan kemampuan akan menghambat kinerja organisasi dan orang-orang ini cenderung tidak berprestasi. Orang-orang pada kuadran ini dijuluki penyakit organisasi. Sebagai catatan, penyakti bisa menular lo hehe...


Kuadran 2 adalah orang-orang dengan rendah skill namun tinggi etos kerja. Orang-orang ini selalu menjunjung pekerjaan dengan penuh tanggung jawab dan dapat menjadi bawahan yang baik. orang2 pada kuadran ini berpeluang untuk menjadi kuadran 4. Kuadran ini dijuluki pekerja keras.

Kuadran 3 yaitu orang-orang dengan kompetensi tinggi namun rendah motivasi. Orang-orang ini cukup berbahaya bagi organisasi karena dapat menarik orang-orang yang berada di kuadran 2 sehingga motivasi mereka menjadi turun. Akibatnya mereka terseret ke kuadran 1. Orang-orang ini adalah orang-orang ini merasa diri mereka telah baik dan berjasa sehingga mereka menganggap remeh pekerjaan-pekerjaan yang di amanahkan kepada mereka. Orang-orang ini disebut sebagai virus.

Kuadran berikutnya dalah kuadran 4 yaitu orang-orang dengan kemampuan dan kemauan yang tinggi. Orang-orang ini adalah orang-orang yang berprestasi bagi organisasi dan menjadi andalah bagi organisasi untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan penting. Orang-orang ini bisa saja disalah artikan oleh orang-orang di kuadran 2 sebagai orang di kuadran 3, penyebabnya adalah cara mereka dalam menyelesaikan pekerjaan yang terlihat seperti sangat ringan. Padahal dengan pengalaman yang dimiliki, sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah oleh orang di kuadran 4. Orang-orang ini dijuluki bintang. Orang-orang di kuadran 4 harus benar-benar diperhatikan oleh perusahaan terutama dalam karier dan promosinya. Karena apabila perusahaan salah dalam memberikan penghargaan dalam bentuk karir dan promosi, mereka bisa saja menjadi orang di kuadran 3 yang rendah motivasinya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Orang-orang di kuadran 1 dan 3, yaitu orang yang memiliki kemauan yang rendah, dapat menyebabkan pengaruh buruk kepada orang di kuadran 2 sehingga orang di kuadran 2 ini dapat terseret menuju kuadran 1.

Contoh : kita mungkin pernah menyakasikan rekan kerja yang berada di kuadran 1, yaitu orang yang rendah kemampuan dan kemauan, seringkali curang dalam pekerjaan, juga tidak menunjukkan etika yang baik di lingkungan kerja, namun mereka seringkali mendapatkan kesempatan atau tanggung jawab yang lebih daripada kita yang sudah bekerja keras. Hal ini tentu dapat menurunkan semangat kerja kita.

How to manage?

Kuadran 1 : perlu adanya konseling untuk meningkatkan motivasi dan coaching untuk meningkatkan kemampuan, dan bertanyalah pada diri sendiri untuk apa anda bekerja di tempat anda bekerja

Kuadran 2 : coaching untuk meningkatkan kemampuan kerja

Orang2 di kuadran 2 harus mendapat coaching yang tepat oleh senior mereka yang berada di kuadran 4. Jangan membayangkan kemudahan saat kita ingin menjadi orang di kuadran 4, karena jalan yang dilalui amat berat. Seringkali di perjalanan yang berat itu orang2 di kuadran 2 mendapatkan hasutan dari kuadran 1-3 sehingga menggagalkan jalan mereka untuk menjadi orang di kuadran 4.

Kuadran 3 : motivasi rendah dapat diatasi dengan pemberian penghargaan yang layak disertai konseling yang tepat bagi mereka sehingga dapat memulihkan motivasi mereka saat menyelesaikan pekerjaan tertentu

Lantas dimana posisi kita sekarang?

Alangkah bijak jika memposisikan diri kita di kuadran 2. Sebagai anak muda dan seorang fresh graduate dari kampus, kita seharusnya memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa bekerja dengan baik di perusahaan masing-masing. Di perusahaan kita masing-masing tentu ada orang-orang yang berada di semua kuadran. Virus bisa saja menyerang kita sehingga menurunkan motivasi kita. Sesungguhnya virus ini dapat berupa apa saja. Tinggal bagaimana kita dapat memfilternya sehingga kita tetap bisa menjaga motivasi untuk bisa berada di kuadran 4.

4 komentar:

  1. Wa'alaikumsalam. Izin saran om, mungkin judulnya dibikin lebih click bait, yg memancing orang bertanya tanya. Misal: jangan mau hidup di kuadran I!

    Expect nothing, appreciate everything. Thankyou atas sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab boljuga mba,, terimakasih sarannya hehe

      Hapus
  2. Menurut ane kita semua punya potensi untuk masuk di setiap kuadrannya, jdi bakal ada masa dimana kita berada di salah satu kuadran, dan berpindah ke kuadran lainnya di masa slanjutnya

    Dan apakah kuadran I selalu buruk? Blm tentu hehe, itu tergantung passion yg kita tekuni,

    mungkin itu aja tambahan dari ane gan , sisanya klo penjelasan jos gandos deh pak mahag hehe, thanks gan atas sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sarannya Dan, seperti yang kubilang pas WT, aku berada di kuadran 1 looo

      Hapus